13 Maret 2016

Sisi Lain Dari Buku Harian


Apakah anda suka menulis buku harian? Jika jawaban anda adalah 'Iya' saya akan menebak bahwa kemampuan anda dalam berkomunikasi kemungkinan lebih baik dari orang - orang lainnya. Bagi anda yang tidak suka, tidak apa - apa anda bisa memulainya mulai saat ini. 
Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa orang yang memiliki hobi menulis buku harian memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Bentuk dari komunikasi dalam konteks ini tentunya komunikasi dalam bentuk tertulis. Namun ternyata tidak hanya itu. Ada hal - hal lain yang bisa diperoleh dari kebiasaan menulis buku harian seperti berikut ini:


1. Meningkatkan Motivasi 






Pastinya kita semua pernah memiliki cita-cita ataupun goal jangka pendek maupun jangka panjang. Jika kita menuliskan semua cita-cita ataupun goal yang ingin kita raih diawal perjalanan kita, itu akan sangat bagus. Lho kok bisa? Karena yang namanya motivasi itu terkadang tidaklah stabil. tak masalah ketika motivasi kita sedang bagus. Lalu bagaimana jika sedang tidak bagus? Nah disaat itulah tulisan yang pernah kita buat dan berisi berbagai cita-cita ataupun goal akan berguna. Kita dapat membaca kembali tulisan tersebut di buku diary kita. Dengan begitu kita akan teringat bagaimana menggebu-gebunya semangat dan motivasi kita saat itu, yang mana dapat membangkitkan semangat dan motivasi kita.



2. Lebih Memahami Diri Sendiri

Dalam buku diary pada umumnya kita mencurahkan semua perasaan isi hati kita ataupun beban yang ada dalam pikiran kita. Jika kita menulis dalam buku diary secara rutin, ketika membaca catatan-catatan itu lagi kita bisa menarik kesimpulan mengenai siapa dan bagaimana sebenarnya diri kita ini. Apakah kita ini sosok yang cengeng, manja, malas dsb. Dari situlah kita bisa lebih paham mengenai diri sendiri dan dapat melakukan perubahan jika dirasa perlu agar menjadi sosok yang lebih baik.
3. Menurunkan Stress



Efek yang didapat dari menuliskan uneg-uneg yang ada di pikiran kita dalam bentuk tulisan akan sama seperti saat kita curhat pada teman, kerabat, ataupun orang terdekat lainnya.  Seperti yang tertulis pada jurnal ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feel free to leave your comments!