02 Maret 2016

Cara Sederhana Guna Memperkaya Vocabulary Anak

      Semua orangtua pastinya merasa senang jika anak - anak mereka sudah mulai pandai berbahasa Inggris sejak masih kecil. Mengingat semakin dini usia seorang untuk mulai belajar bahasa Inggris, accent ataupun logat mereka akan sangat mirip dengan native speaker ataupun penutur aslinya. Namun langkah awal yang diperlukan untuk menguasai suatu bahasa adalah memiliki perbendaharaan vocabulary atau kosa kata yang banyak. Salah satu cara yang umum dilakukan untuk memperbanyak perbendaharaan kosa kata adalah dengan menghafal. Padahal anak biasanya tidak suka kegiatan menghafal. Okelah, mungkin mereka suka akan kegiatan menghafal, namun lama kelamaan motivasi mereka turun ataupun hilang mengingat anak - anak mudah merasa bosan akan kegiatan belajar seperti menghafal.

       Oleh karena itu berikut ini ada beberapa cara yang mungkin bisa diterapkan oleh para orang tua untuk memperkaya perbendaharaan kata Bahasa Inggris anak. 



1. Membuat Flashcards


twinkl.co.uk

     Bagi anak - anak yang memiliki ketertarikan akan gambar - menggambar, dan memotong kertas kegiatan ini sangat cocok untuk mereka. Oleh karena itu ajaklah anak untuk membuat flashcards. Langkah pertama adalah potong kertas karton dengan bentuk kotak dengn panjang sisi kira - kira 6cm. Kemudian gambar buah beserta namanya dalam Bahasa Inggris. Orang tua juga bisa menggunakan topik lain selain buah, misal hewan, warna dsb. Setelah selesai, orangtua dapat mengajak anak bermain dengan flashcards tersebut.


2. Memberi Label

      Orang tua dapat membuat label pada semua benda - benda yang ada di dalam ataupu sekitar rumah dengan kosa kata Bahasa Inggris. Misalnya pada toples bahan makanan seperti gambar.


serbadapur.com

     Tak hanya pada bahan maanan saja. Orang tua juga bisa melabeli benda - benda lain di rumah seperti sapu, meja, sendal, cermin dsb.

        Dengan memberi label benda - benda di rumah dengan bahasa Inggris, anak akan sering melihat tulisan tersebut dan tahu bahwa Bahasa Inggris dari benda A adalah ini, dan Bahasa Inggris dari benda B adalah itu. Namun jangan lupa bahwa orangtua juga harus memberitahu pronunciation yang benar dari label - label tersebut.

3. Memperdengarkan Banyak Lagu


playbuzz.com

      Secara umum anak - anak biasanya senang dengan musik. Oleh karena itu para orang tua dapat mencarian lagu anak - anak berbahasa Inggris dan memutaran lagu tersebut disaat anak akan tidur. Dengan begitu lama - kelamaan ana akan hafal lirik dari lagu tersebut dan orangtua hanya tinggal memberikan penjelasan mengenai terjemahan lagu tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feel free to leave your comments!