13 Januari 2016

Langkah - langkah Yang Perlu Dilakukan Untuk Menulis Essay (part 2)






 3. Menulis Essay Secara Utu
         Draf akhir sudah siap, waktunya mulai menuliskan esaay secara keseluruhan sesuai dengan draf yang telah dibuat. Dalam penulisan essay kita harus lebih mengembangkan lagi draf tersebut. Selain itu ada hal penting yang sebaiknya diingat! Tidak semua jenis essay mengizinkan kita menggunakan frasa"Menurut saya...." dab. Untuk itu, kita lebih baik gunakan "Penulis beranggapan .....", "Peneliti menemukan ...." dsb.


 4. Editing
        Jika penulisan essay secara utuh telah selesai, tahapan terakhirnya adalah melakukan pengeditan.
Nah, berikut adalah langkah-langkah melakukan pengeditan essay:

a. Baca kembali essay yang telah dibuat
      Baca kembali essay yang telah kita buat secara seksama. Kita harus beranggapan bahwa essay yang sedang kita baca adalah milik orang lain bukan milik kita. Biasanya jika kita membaca suatu karya dari orang lain kita lebih mudah untuk mengkritik atau menemukan kekeliruan yang dibuat. Berbeda jika kita membaca hasil karya kita sendiri, kita akan merasa bahwa karya tersebut sudah baik karena kita bekerja keras dalam mengerjakannya. Oleh karena itu kita harus beranggapan bahwa essy tersebut bukan milik kita.

b. Tandai kekeliruan yang muncul. 
      Jika kita telah selesai membaca secara seksama essay kita, kita dapat menemukan kesalahan dibeberapa bagian pada essay kita. Misalnya mengenai spelling, typo atau kesalahan pengetikan, tanda baca, dsb. Lakukanlah perbaikan pada beberapa bagian yang terindikasi adanya kesalahan.


c. Sistem referensi / bibliografi
      Hal terakhir yang perlu diingat adalah penulisan referensi atau bibliografi. Banyak sekali cara penulisan referensi. Misalnya seperti APA Style, dan MLA. Kita harus cermat mengenai apa model yang harus digunakan dalam menulis referensi. Jangan sampai berbeda dengan syarat ataupun permintaan dari dosen dalam pembuatan essay tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feel free to leave your comments!